Kunci Diet: 7 Bulan Turun 40 Kg… Bisa Kalo Kamu Baca ini.

0
364

LOST 40 KG. #DietStory
Mohon ijin sharing pengalaman saya mengatur pola makan (diet), monggo di-skip bila tidak berkenan!

– A THREAD –

Saya bukan hendak memberikan trik, anjuran, tips-tips diet, karena saya bukan dokter, ahli gizi/nutritionist, atlit, personal trainer, pakar kesehatan, dan sebagainya.
#DietStory

Berat badan saat ini berdasarkan score Body Mass Index 22,1 masuk kategori normal, tapi banyak yg bilang terlalu kurus. BMI : BB/TB(m)². Score BMI Normal : 18,5 – 24,99. Di atas 25 masuk ke overweight bahkan obese.
#DietStory

Sekedar sharing pengalaman saja, karena diet itu cocok-cocokan, ada ilmunya. Cocok di saya, belum tentu cocok di orang lain. Konsultasi dengan nutritionist dan cari pola makan yg nyaman sesuai tubuh masing-masing.
#DietStory

Berbagai macam diet, seperti diet keto, diet mayo, DEBM, OCD, intermitten fasting, mau diet apapun, browsing satu-satu gali informasinya, plus minusnya apa, bahaya atau tidak utk dilakukan, apalagi utk jangka panjang!
#DietStory1. NIAT
Yang pertama dan utama adalah NIAT. Mulai overweight jaman kuliah, dari dulu sebenarnya saya ingin diet, tapi hanya wacana, tidak terlaksana. Bagi saya diet itu mustahil, tidak akan berhasil di saya yang sangat hobi makan, ngemil, ngunyah. Impossible!
#DietStory….1.NIAT
Makin malas kalo ketemu kata “diet”, baper kalo disuruh diet, ujungnya cuek dibilang kegemukan, dan makin ngawur pola makannya, dini hari makan mie instan 2 bungkus plus telor dan nasi itu misalnya.
#DietStory…. 1. NIAT
Hingga awal tahun 2019, ketika berat badan saya mencapai 100 kg dan makin sulit cari ukuran baju, saya yg awalnya santai-santai saja dengan pola makan sembarangan, makin ketakutan dengan kondisi saya yg obesitas.
#DietStory…. 1. NIAT

Pernah baca quote, “Everything is possible even the impossible”. Kondisi saya yg obesitas di atas 100 kg dgn BMI mencapai 36, serta dukungan keluarga dan sahabat, membuat saya membulatkan tekad untuk mengatur pola makan (diet).
#DietStory…. 1. NIAT
Makin sering browsing tentang pola makan yg sehat, follow nutritionist di social media, mencoba catering diet, mencoba memasak sendiri, makin suka salad, dsb.
#DietStory…. 1. NIAT
Dengan niat kuat dan tekad yg bulat, akan lebih mudah untuk “konsisten” menjaga pola makan. Karena konsisten dan disiplin ini ujian beratnya.
#DietStory2. KALORI
Kunci dari weight loss adalah kalori, lebih tepatnya defisit kalori, yaitu kalori masuk < kalori yang dibakar. Kondisi defisit kalori yg konsisten akan menyebabkan turunnya berat badan, bahkan tanpa olahraga. Pernah baca : "pola makan" 80% : "olahraga" 20%. #DietStory.... 2. KALORI Manusia memiliki kebutuhan kalori harian yg berbeda, tergantung jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, tingkat aktivitas. Kebutuhan total kalori harian dan BMR (Basal Metabolic Rate) bisa dicari di Google. Seperti, #DietStorhttp://tdeecalculator.net.... 2. KALORI Memangkas kalori (defisit kalori) secara ekstrim sangat tidak disarankan karena bisa mengganggu metabolisme tubuh. Misalnya, dengan BMR per hari (kebutuhan kalori minimal saat istirahat) 1.500 kalori #DietStory.... 2. KALORI dan total kebutuhan kalori harian 2.000 kalori, berarti dengan makan di bawah 2.000 kalori per hari berat badan bisa turun. Tapi hindari makan di bawah BMR. #DietStory.... 2. KALORI Untuk memudahkan menghitung kalori, saya menggunakan aplikasi Fatsecret. Ada juga aplikasi Myfitnesspal untuk menghitung kalori. Dari yg awalnya ribet banget ngitungin kalori makanan, sekarang jadi kebiasaan input makanan di aplikasi Fatsecret. #DietStory.... 2. KALORI Lebih akurat lagi kalo makanannya ditimbang baru diinput ke aplikasi Fatsecret. Serunya aplikasi ini, ada forum diskusi juga yg aktif diikuti member-member. Ada yg sukses dietnya, ada yg jalan di tempat, ada yg masih overweight. #DietStory.... 2. KALORI Saya berusaha agar tidak surplus kalori, walaupun pernah sesekali cheating, hehe - berusaha memilih makanan real food - mengurangi processed food - mengatur konsumsi gula garam - perbanyak air putih - nutrisi imbang : karbohidrat, protein, lemak, serat! #DietStory.... 2. KALORI Contoh menu harian saya, sesuai itungan defisit kalori saya, tiap individu berbeda-beda, jangan di bawah kalori BMR ; Pagi : - karbo + serat : pisang/pepaya/tomat/kentang rebus - protein : telur rebus/susu non fat/susu kedelai - lemak : telur #DietStory.... 2. KALORI Siang : - karbo + serat : nasi putih/sayur bening bayam/urap-urap - protein : dada ayam panggang/tahu tempe goreng/ikan bakar - lemak : ikan laut Malam : - karbo + serat : apel/pir/salad - protein : ayam panggang - lemak : salad dressing/olive oil

#DietStory…. 2. KALORI
Sekali lagi, diet itu cocok-cocokan. Cari pola makan yang paling nyaman dan aman untuk weight loss. 🙂
#DietStory3. OLAHRAGA
Jujur saya paling males kalo disuruh olahraga. Bahkan di awal diet pun saya masih malas olahraga, karena dengan defisit kalori saja sebenarnya berat badan bisa turun (pola makan 80% : olahraga 20%).
#DietStory…. 3. OLAHRAGA
Tetapi karena sudah berniat memperbaiki pola makan yg lebih sehat, saya juga berusaha mengimbanginya dengan olahraga.
#DietStory…. 3. OLAHRAGA
Olahraga yg ringan dulu seperti jogging outdoor, sit up, HIIT Cardio, seminggu dua atau tiga kali. Tapi saya sampai saat ini belum nyoba fitness/gym, hehe..
#DietStory…. 3. OLAHRAGA
Awalnya jogging santai cuma 4 putaran stadion, bisa ditingkatkan jadi 8 putaran dalam 30 menit. Gak ngoyo banget, yg penting gerak! Dan ternyata dengan diimbangi olahraga, weight loss/fat loss makin terbantu.
#DietStory4. STOP NGEMIL
Banyak camilan yg kalorinya besar, perlu dikurangi. Ngemil buah? Boleh, tapi jangan berlebihan, karena bagaimanapun juga dalam buah terdapat kandungan gula.
#DietStory…. 4. STOP NGEMIL
Beberapa makanan yang saya kurangi/hindari :
– gorengan (ote-ote, tahu isi, tempe mendoan, pisang goreng, singkong goreng, lumpia goreng, dll)
– keripik dan kerupuk segala jenis
– makanan bersantan
#DietStory…. 4. STOP NGEMIL
Camilan yang dihindari/dikurangi :
– roti, kue kering, kue basah, kue tradisional, olahan tepung dan gula lainnya
– mie instan, bakso, nasi goreng, mie goreng, martabak, terang bulan
– snack/camilan dgn MSG

#DietStory…. 4. STOP NGEMIL
Camilan yang dihindari/dikurangi :
– fast food seperti pizza, burger, crispy fried chicken (sebulan sekali biasanya cheating ini. 😬)
– minuman kemasan/minuman manis/soda
#DietStory…. 4. STOP NGEMIL
Olahraga rajin tapi ngemil sembarangan jalan terus, ya sulit utk weight loss/fat loss. Intinya, utk weight loss : kalori masuk < kalori keluar. #DietStory5. KONSISTEN Kalo sudah dimulai (dietnya), biasanya ujian berikutnya adalah "konsisten", disiplin, dan jangan menyerah. Saya sendiri masih belajar, dan terus belajar menjaga pola makan yg lebih sehat yg bisa diterapkan seterusnya. #DietStory.... 5. KONSISTEN Susah payah mengatur pola makan dengan defisit kalori, saya tidak mau menghancurkannya dalam sekejap. PR beratnya; maintain pola makan yg lebih sehat. #DietStory.... 5. KONSISTEN Tidak ada yang instan, butuh proses, paling tidak 3 bulan utk melihat hasilnya, jika konsisten. Baru 2 minggu nyoba diet tapi berharap berat badan turun banyak ya lumayan sulit. Sabar! Kalo mau yg instan ya sedot lemak. 😬 #DietStory.... 5. KONSISTEN Gak cuma berpatokan di berat badan, tapi ukur lingkar pinggang/perut juga. Kalo celana mulai kedodoran, berarti hasilnya mulai terasa. #DietStory.... 5. KONSISTEN Ya namanya manusia, nafsu makan junk food pasti ada, cheating pun pasti ada. Kalo sudah timbul keinginan seperti ini, ya saya masih makan junk food dgn porsi terbatas, misalnya es krim, cake, french fries, crispy fried chicken. #DietStory.... 5. KONSISTEN Tapi cheating-nya jangan keterusan. 😁Besoknya back on track, perbanyak real food seperti sayur dan buah, dan bakar kalori dengan olahraga.

#DietStory…. 5. KONSISTEN
Keberhasilan konsisten juga dipengaruhi lingkungan; rumah, tempat kerja. Di rumah jadi sering beli buah, di kantorpun ada camilan buah. Kalo diajak makan bareng, jangan ditolak, tetap ikut dan pilih yg menurut kita aman utk weight loss.
#DietStory…. 5. KONSISTEN
Kalo sudah terbiasa mengatur pola makan, akan lebih enjoy menjalaninya. Dulu saya harus sarapan nasi, kalo gak nasi bakal pusing. Sekarang jadi terbiasa sarapan buah-buahan; pisang, apel, pepaya sudah bikin kenyang.
#DietStory…. 5. KONSISTEN
Dulu malam-malam bikin mie instan biar tidur lebih nyenyak. Sekarang diganjal buah dan air putih sudah cukup. Bukan berarti sedang diet, tapi karena terbiasa dgn pola makan yg seperti itu.
#DietStoryTerimakasih atas dukungan dan perhatian keluarga dan kawan-kawan semua, banyak DM yg menyemangati saya menjalankan diet, banyak juga yg berpesan jangan kebablasan/terlalu kurus. Terimakasih! 🙏
#DietStorySaya yg dulu sangat anti diet dan super malas olahraga, Alhamdulillah bisa mencapai weight loss/fat loss dgn mengatur pola makan. Kawan-kawan semuanya juga pasti bisa!
#DietStorySudah 1 bulan lebih, berat badan saya di kisaran 64 – 66 kg, banyak yg bilang kekurusan padahal BMI normal dan terasa ringan bergerak, naik tangga gak ngos-ngosan, cari baju lebih mudah, potong kuku kaki lebih mudah hehe.. merasa lebih nyaman berat badan segini.
#DietStoryTetap semangat belajar memperbaiki pola makan, pola makan yg lebih sehat yg bisa diterapkan seumur hidup. Bismillah. Semoga konsisten! Aamiin.

Semoga sharing ini bermanfaat!
#DietStory

Sumber: @KRISNAMPUTRA

Comments are closed.