Cara Membuat “Cilung Papeda” 🍡🍡 Paling Enak Di Dunia Perdapuran Dan Sehat Untuk Anak

Resep cilung (aci digulung) yang terkadang juga disebut papeda telur gulung ini termasuk salah satu yang

favorit dari aneka jajanan anak sekolah. Cilung Bandung ini banyak dijual abang abang di sekitaran SD, bahan dasarnya terbuat dari adonan utama tepung aci (tapioka atau kanji), bisa dibikin dengan campuran telur (cilung telur), maupun dengan adonan telur dimana telurnya terpisah yang dipakai saat ada permintaan pembeli, mau telur ayam atau telur puyuh.

Jadi langsung aja pertama kita siapin dulu bahan bahannya
-telor
-tepung tapioka
-bumbu cabe, bumbu keju, sambel dll (bebas aja)
-air
-tusuk sate
-mangkuk kecil dan mangkuk besar


Jadi pertama pecahin satu telur di mangkuk kecil disini aku tambahin dikit aja tepung serbaguna (bukan tepung tapioka) terus tambahin air dikit biar lebih banyak bisa buat papedanya

Setelah itu buat di mangkuk besar masukin tepung tapioka + air jangan terlalu lembek dan terlalu kental sedang aja ya

Jadi nanti ada 2 adonannya, adonan tepung tapioka dan telur

Siapin minyak, apinya kecil aja di teflon kayak gini, masukin 1 sdm telur kayak gini

Setelah itu tambahin adonan tepung tapiokanya tipis aja dan menyeluruh ke teflonnya jd berbentuk bulat

Apinya besarin dikit smpe warna acinya jd putih gini tambahin bumbu pedas, bumbu keju, sambel dll bebas sesuai racikan lainnya pake daun bawang juga lebih mantap

Setelah dirasa udh cukup matang aku gulung pake 2 tusuk sate yg jepit adonannya dan tinggal di gulung deh seperti di video ini (soalnya aku gabisa kalau gulung cuma make satu tusuk sate😂 susah gagal terus)

Dan jadi deh cilung papeda ala ala siap dinikmati😍 selamat mencoba gais yg udh coba buat drop disini ya hasilnya hehe makasih udh baca;)


Tips bumbunya taruh di tengah ya biar rasanya tercampur pake royco juga boleh kalau kalian mau yg asin

Oiyaa satu lagii, ini kalian kalau mau bisa juga pake telur puyuh , aku pake telur biasa biar bisa buat banyak, btw adonan diatas tuh aku ga pake royco dan garem samsek soalnya aku ga gitu suka yg terlalu asin, tp kalau mau nambahin royco sm garem gpp

Satu telur itu aku bisa buat banyak banget ya kayaknya lebih dr 10 papeda😂 adonan tepung tapiokannya aja agak dibanyakin soalnya lebih banyak adonan tepung tapiokanya

sedikit tips: Mending pakai margarin gak terlalu lengket, dan menurutku enak kalau telut puyuh hehehe.