Categories: Dunia HistoricalDunia SosialUrban

Melihat Sudut Pandang Referendum Free West Papua Sejak Tahun 1961-2018 Sekarang. Dan Pelanggaran HAM

Pada tahun 1949 tepatnya bulan desember, pada akhir Revolusi Sosial di Indonesia, Belanda setuju untuk mengakui kedaulatan Indonesia atas bekas Hindia Belanda, tetapi tidak termasuk Papua Barat, yang masih dipegang oleh Belanda dan dikenal sebagai Netherlands New Guinea.

 

 

Pihak pemerintah Indonesia menyatakan bahwa mereka ingin mengakhiri Kolonialisme Belanda atas kepulauan tersebut dan kekuasaan Belanda di Netherlands New Guinea dan hal itu menginginkan pemindahan kekuasaan wilayah pengganti kepada seluruh Hindia Belanda termasuk West Papua.

Belanda juga menyatakan bahwa penduduk Papua secara etniknya adalah berbeda dan Belanda akan terus memerintah wilayah tersebut sampai penduduk West Papua dibolehkan untuk mengatur daerah mereka sendiri.

Pada tahun 1950, Belanda dan kekuatan Barat setuju bahwa penduduk West Papua harus diberi kemerdekaan, tetapi tidak dibolehkan karena pertimbangan internasional, khususnya oleh Administrasi John F Kennedy yang mendukung habis Indonesia kepada pihak USA ketika Perang Dingin.

Kemudian Amerika Serikat (AS) menyerukan Belanda untuk menghapuskan kemerdekaan Papua Barat dan menjadikan Papua Barat sebagai salah satu wilayah di Indonesia. Pada tahun 1962, Belanda setuju untuk menyerahkan wilayahnya kepada PBB dan menandatangani Perjanjian New York.

Dimana perjanjian New York menyediakan jajak pendapat yang akan berlangsung sebelum 1969 kepada rakyat Papua Barat. Militer Indonesia bertanggung jawab untuk mengatur jajak pendapat, yang dikenal sebagai “Act of Free Choice.” Pemungutan suara ini dimaksudkan untuk menentukan pandangan publik tentang masa depan Papua Barat. Keputusan mayoritas untuk memilih wilayah Papua Barat dipersatukan dengan Indonesia meskipun banyak yang mengatakan itu adalah penipuan karena hanya mencakup 800-1000 orang. Tidak yakin.

Ada pelanggaran syarat West Papua oleh Indonesia dalam Perjanjian New York bersama Belanda, dimana pemilihan suara tersebut melibatkan campur tangan militer Indonesia dan hanya 1025 orang yang dimasukkan sebagai perwakilan suara masyarakat papua tersebut dan sambil ditodong senjata oleh tentara Indonesia.

Selanjutnya, jumlah pemilih yang memberikan suara hanya 1% dari jumlah yang seharusnya terlibat dalam pemungutan suara tersebut dengan jumlah hanya 1025 orang di West Papua. Diduga bahwa Amerika Serikat juga melakukan intervensi dalam urusan Papua Barat yang berkaitan dengan penambangan emas Freeport, dalam artian USA memiliki kepentingan saat mendukung indonesia merebut West Papua dari cengkraman Belanda.

Sejauh mana referendum itu sah menjadi sengketa oleh aktivis kemerdekaan West Papua & mereka telah meluncurkan demonstrasi untuk memprotes perlakuan tentara Indonesia di West Papua. Kecurigaan mereka juga karena AS memaksa Indonesia menyerang Papua Barat untuk Freeport.

Pemerintah Indonesia dianggap melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan buktinya pemerintah Indonesia akan bertindak kepada siapapun yang mendukung OPM (Organisasi Papua Merdeka) & juga memenjarakan siapapun yang mengibarkan bendera West Papua “Bintang Kejora (Bintang Pagi)“.


Dukungan kepada Referendum kemerdekaan & mengibarkan bendera West Papua dianggap sebagai pengkhianatan kepada negara Indonesia seperti halnya kasus Referendum kemerdekaan Aceh Darussalam karena dianggap Kudeta. Kemudian pihak pemerintah Indonesia membuat Program Transmigrasi (program inisiatif pemerintah koloni Belanda yang diteruskan oleh pemerintah Indonesia untuk memindahkan orang tidak bertanah dari wilayah yang berpenduduk banyak ke daerah yang kurang penduduk termasuk West Papua).

Sejak tahun 1969 hingga 2018, sekitar setengah dari 4 juta penduduk Indonesia di Papua Barat adalah orang yang yang lahir di Pulau Jawa & keturunan mereka di Papua Barat, meskipun terjadi peningkatan dalam pernikahan campur dan transmigran dalam keturunan. Namun beberapa dari mereka masih melihat diri mereka sebagai orang Papua Barat dibandingkan dengan kelompok etnis orang tua mereka. Konflik Racism antara penduduk asli Papua Barat & penduduk Transmigrasi asal pulau Jawa terus terjadi dimana militer Indonesia terus membunuhi penduduk asli.

Jika kamu ingin tau lebih banyak tentang Referendum kemerdekaan West Papua bisa tanya kepada @VeronicaKoman @FreeWestPapua @thejuicemedia @febrofirdaus & @ariel_heryanto .

Pada tahun 2010, sebanyak 13500 orang pengungsi dari Papua Barat tinggal di pengasingan di Papua New Guinea, negara merdeka yang berbatasan dengan Papua Barat dan kadang-kadang akan terjadi perkelahian di perbatasan negara tersebut antara pengungsi Papua Barat dengan pihak kerajaan.

Tim pertahanan Papua New Guinea (PNGDF) telah menempatkan penjaga perbatasan di sepanjang bagian barat perbatasan Papua New Guinea untuk mencegah anggota OPM dari Papua Barat menyusup ke Papua Nugini. Selanjutnya, kerajaan Papua Nugini telah memaksa keluar pengungsi.
Pada perbatasan ada janji bahwa tidak ada pengungsi yang diizinkan untuk melakukan kegiatan anti-Indonesia yang akan menetap berada di negara tersebut. Pada akhir 1970-an, OPM telah menanggapi tindakan Papua New Guinea. Pihak pemerintah Papua New Guinea telah membentuk sebuah tim penjaga perbatasan bersama dengan Indonesia pada tahun 1980-an, namun operasi PNGDF menentang anggota OPM / kemerdekaan West Papua di Papua Nugini masih berlangsung pada waktu yang sama.

Pada 2004, kampanye kemerdekaan Papua Barat yang berbasis di Inggris dibentuk oleh Mr. Benny Wenda @BennyWenda, seorang pemimpin Papua Barat yang diasingkan dengan tujuan mendesak PBB untuk mengadakan referendum. Kampanye kemerdekaan Papua Barat telah memperoleh dukungan internasional dan didukung oleh tokoh-tokoh berpengaruh seperti pemenang Noble Peace, Laureate Archbishop Desmond Tutu. Banyak pihak internasional mendukung kemerdekaan Hindia Barat sampai sekarang.

Pada tahun 2012, kampanye telah memicu kemarahan pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat kunjungannya ke Inggris pada bulan Oktober dan November pada tahun itu dan SBY memprotes penandaan Papua Barat. Karena Presiden Yudhoyono melihat bendera Papua Barat berkibar di London, Bapak Yudhoyono beralasan bahwa tindakan itu adalah kejahatan berat di bawah hukum jika dilakukan di Indonesia & merupakan gerakan Separatisme.

Konflik ini masih berlangsung hingga sekarang dan pada bulan Desember 2016, demonstrasi besar-besaran telah terjadi sejak awal Mei bertujuan mendukung Gerakan Pembebasan Papua Barat dan usaha sebagai Papua Barat untuk bergabung dengan Melanesian Spearhead Group (MSG) dan dampaknya ribuan pengunjuk rasa telah ditangkap oleh polisi Indonesia dan angkatan bersenjata.

Pada tanggal 1 Desember 2018, ada banyak pendukung gerakan kemerdekaan Papua Barat dan mereka melakukan penyerangan secara brutal kepada pihak polisi dan militer serta pekerja PT istaka yang sedang membangun jembatan.

Dalam pandangan saya sendiri, setiap negara harus melakukan segala upaya untuk mempertahankan kedaulatan negara bahkan dengan pertumpahan darah, tetapi jika negara terus memaksa otoritas otoriter untuk dengan cepat atau perlahan jatuh oleh kekuatan pembebasan.
Banyak yang bertanya-tanya mengapa saya menambahkan bendera Liberia di Thread. Karena bendera Papua Barat mirip dengan desain bendera Liberia. Perbedaannya adalah bahwa bendera Papua Barat memiliki latar belakang biru yang lebih panjang.

 

Sumber: Amir Yogi & Newnaratif.com

Editor: NYPedia

Newbie

Comments are closed.

Share
Published by
Newbie
Tags: Act of Free ChoiceBelandaBintang Kejora (Bintang Pagi)Dan Pelanggaran HAMJajak Pendapat West Papua 1969John F KennedyLaureate Archbishop Desmond TutuMelihat Dari Sudut Pandang Referendum Free West Papua Sejak Tahun 1961-2018 SekarangNetherlands New GuineaOrganisasi Papua Merdeka adalahPapua BaratPerjanjian New York 1962PNGDFRevolusi Sosial di IndonesiaVeronicaKoman

Recent Posts

  • Dunia Sosial
  • Urban

Kenapa Cowok Sunda Gak Boleh Nikah Dengan Cewek Jawa? Mitos Or Fakta

Mitos Kenapa Orang Sunda Dilarang Menikah dengan Orang Jawa Sebagai seorang pendatang dari luar Jawa, tentu saja merasa kaget ketika…

6 jam ago
  • Index Nyimakdulu.com

10 Fakta Tinggal Di Luar Angkasa. Daur Ulang Air Kencing Jadi Air Minum

1. Cuma Orang Bahagia Cuma orang bahagia yang boleh terbang ke luar angkasa. karena (lebih…)

7 jam ago
  • Urban

10 Fakta Astronot Saat Di Luar Angkasa. Salah Satunya Daur Ulang Air Kencing Siap Minum.

1. Cuma Orang Bahagia Cuma orang bahagia yang boleh terbang ke luar angkasa. karena (lebih…)

11 jam ago
  • Urban

8 Fakta Kucing. Galau 5 Menit Sebelum Gempa Terjadi Hingga Hewan Terkaya Di Dunia

Binatang dengan nama latin Felis Catus ini memiliki banyak fakta yang banyak orang nggak tahu lho. Mau tahu apa aja…

14 jam ago
  • Dunia Historical
  • Urban

7 Fakta Nicola Tesla. Mulai Temukan Listrik Hingga Penganut Agama Jomblo

Tujuh Fakta Tentang Nikola Tesla yang Bikin Geleng Kepala kamu, diantaranya... (lebih…)

18 jam ago
  • Dunia Historical
  • Urban

Sejarah Lengkap Ayam Cemani, Mulai Syarat Upacara Adat Hingga Telur Tetap Berwarna Putih.

Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia, dimana kata Cemani berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti hitam legam, yang merupakan…

23 jam ago