10 Hal Oh Gitu Ya Sejarah Dalam Gambar Tempoe Doeloe Unik Wajib Nyimak

34 Fakta Mengenai Perang Dingin Bag.1

Spread the love

Setelah Perang, Pasti menyisakan sejarah yang kelam. Kali ini kita bahas 34 fakta mengenai perang dingin.

Ayo simak Cong:

  1. Setelah berakhirnya Perang Dunia II yang pada akhirnya mendirikan 2 sekutu dengan sebutan negara adidaya yakni: Amerika Serikat dan Uni Soviet, dua negara ini memiliki gagasan yang sangat bertentangan mengenai bagaimana seharusnya memulihkan tatanan dunia internasional pasca Perang Dunia II.
  2. Selama Perang Dingin, Rusia membuat peta Arktik Kanada yang sangat rinci dan detail dan faktanya dunia kelautan khususnya kapal yang sedang berlayar di laut arktik masih menggunakan peta buatan rusia hingga hari ini, dan bahkan lebih suka terhadap peta buatan rusia tersebut dari pada peta Kanada saat ini.
  3. Film yang mengangkat tema Perang Dingin yang Populer diantaranya sebagai berikut: Red Dawn (1984), Firefox (1982), The Falcon dan Snowman (1985), Spies Like Us (1985), dan Rocky IV (1985).
  4. Selama Perang Dingin berlangsung, Uni Soviet meledakkan senjata nuklir terbesar yang pernah ada di dunia ini. Disebut Tsar Bomba (King of the Bombs), rusia membuat bom tsar ini bahkan setara dengan lebih dari 50 megaton TNT, hal ini sama dengan total dari semua bahan peledak yang digunakan selama gabungan Perang Dunia II.
  5. Puncak Perang Dingin adalah Krisis Rudal Kuba, perang ini tercatat sebagai aksi bunuh diri bangsa tersebut.
  6. Perang Dingin membawa beberapa gadget mata-mata yang cerdik dan sangat canggih, seperti “Rectal Escape Kit“. Seorang mata-mata mampu menyembunyikan alat pelarian di rektumnya(buah zakar), hal ini dilakukan mereka jika mereka ditangkap dan dipenjara oleh musuh untuk di introgasi dan dengan bantuan alat ini, militer akan cepat menemukan prajurit ini di tawan dimana dan secara real time me-record semua apa yang terjadi pada prajurit tersebut.
  7. Pada tahun 1987, seorang remaja Jerman Barat menerbangkan satu mesin solo Cessna melalui setiap perisai pertahanan Soviet yang canggih dan mendarat di gerbang Kremlin. Dia ingin membangun perdamaian antara Timur dan Barat dengan melakukan aksi berani seperti itu. Soviet segera menangkapnya karena dianggap “malicious hooliganism.”
  8. Uni Soviet meledakkan bom atom pertamanya pada tanggal 29 Agustus 1949, di wilayah Uji Semipalatinsk di Kazakhstan. Acara tersebut mengakhiri monopoli Amerika terhadap persenjataan atom dan memulai Perang Dingin.
  9. Agen CIA selama Perang Dingin terjadi menggunakan metode komunikasi sandi yang tergolong aneh dan unik, berdasarkan bagaimana tali sepatu mereka diikat. Pola tali sepatu bisa menyampaikan pesan seperti “Saya punya informasi,” “Ikuti saya,” atau “Saya telah membawa orang lain.
  10. Dalam kata pengantar untuk buku Cold War berjudul, The Official C.I.A. Manual Trickery and Deception, Direktur CIA John McLaughlin menulis kata-kata mutiara untuk mengenang Perang Dingin “magic and espionage are kindred spirits.

«Sejarah Perang Tidak Untuk Dilupakan, Tapi Untuk Spion Dalam Kemajuan Jaman»

Bersambung Ke Bagian 2

⬇Diterjemahkan & disunting oleh⬇

Boby Pasaribu

Komentari dgn Facebook

Nyimak Tv Dulu