Sabtu , Juli 21 2018
Home / Oh Gitu Ya / Sejarah Toilet: Mulai Berak Dari Jendela sampai Leher Angsa

Sejarah Toilet: Mulai Berak Dari Jendela sampai Leher Angsa

Spread the love

Kebayang gak geng’s kalo toilet pertama itu berbeda banget dengan yang ada saat ini, tahukah kamu ternyata bukan orang mesir atau arab yang pertama mengenal mck.

Gorong-gorong atau biasa dikenal Selokan di Mohenjodaro dan kloset pada peradaban Romawi kuno dianggap sebagai model kloset pertama di dunia.

Kemudian di London , karena padatnya penduduk maka banyak orang tinggal di rumah susun, oleh karena itu mereka buang air besar dan buang air kecil menggunakan pispot .

Isi pispot kemudian dibuang ke parit atau jika  repot harus naik turun tangga untuk membuang kotoran yang ada didalam pispot, akhirnya mereka membuang isi pispot lewat jendela.

Akibat dari perilaku malasnya warga dan menyebabkan lingkungan jadi kotor, akibatnya  menyebabkan mereka terserang wabah penyakit, tahun 1731 di London dibuatlah undang-undang yang isinya: “Barang siapa membuang tinja dari jendela harus membayar denda.” Tetapi, undang-undang tersebut tetap tidak dapat mengubah kebiasaan menjijikkan mereka.

Sebelumnya, pada tahun 1596, Sir John Harington menemukan kloset bilas. Kloset ini telah menggunakan bejana penampung tinja dan tangki air untuk menyiram tinja tersebut. Tetapi, jenis kloset ini masih menimbulkan masalah bau tak sedap yang menyeruak keruangan lainnya.

Pada tahun 1775 Alexander Cummings menemukan kloset bilas tak berbau yang disebut Valve Closet. Rahasianya adalah dengan menggunakan saluran pembuangan leher angsa atau mirip huruf S. Bentuk ini membuat air menggenang di leher angsa tersebut dan menghalangi keluarnya bau kotoran. Kemudian tahun 1889 Bostell membuat kloset bilas yang disebut Wash Down dan mirip seperti yang ada sekarang.

«Toilet Sangat Penting, Bukan Cuma Buat MCK, tapi juga Buat Melamun & …. 🤓»

Disunting Oleh: Boby Pasaribu

Komentari dgn Facebook

About Newbie

Check Also

7 Kampus Dengan Mahasiswa Calon Teroris Terbanyak, Netizen: Kampus Negri Semua Cuk

Spread the love Nyimakdulu|Kampus Radikal, Ngampus mestinya nyari ilmu buat bekal masa depan dan bisa berguna …