Masa Depan Unik Wajib Nyimak

Matahari Lenyap: Ini Yang Terjadi Seketika Pada Bumi

Spread the love

Tahukah kamu cong’s, inilah yang terjadi jika matahari absen selama 7 hari…

Dikutip dari Howstuffworks, Kamis 22 Februari 2018, jika Matahari absen selama sepekan, keteraturan siklus di Bumi lambat laun akan menjadi kacau dan mengancam kehidupan manusia.

Bumi akan segera mendingin meski lambat dan tidak seketika itu juga. Suhu Bumi akan turun sekitar -17,8 derajat celsius sepanjang sepekan tanpa Matahari.

Penurunan suhu itu masih bisa membuat kehidupan di Bumi tetap bertahan. Suhu tersebut memang dingin tapi belum cukup membekukan manusia dan kehidupan lain di planet bumi ini.

Lenyapnya Matahari berarti tidak ada fotosintesis yang biasanya dilakukan oleh tumbuh-tumbuhan klorofil. Menurut laman EarthSky, Dengan tak adanya proses mengubah sinar Matahari menjadi energi itu, maka tanaman akan menjadi layu dan mati. Dampak selanjutnya, hewan yang memakan tanaman akan menderita dan kelaparan dan bisa berpotensi mati saat matahari absen.

Jika Matahari tak ada sampai setahun, maka suhu permukaan Bumi akan turun hingga mencapai -73,3 derajat celsius. Kondisi ini bisa membekukan kehidupan, yang tak bisa bertahan tanpa sumber energi dan panas dari matahari.

Dampak parah lainnya Bumi tanpa Matahari dalam sepekan yakni absennya tarikan gravitasi Matahari pada Bumi. Padahal gravitasi Matahari membuat Bumi mengelilingi induknya. Tanpa gravitasi itu, Bumi akan melayang ‘liar’ di luar angkasa. Bahaya lainnya, Bumi bisa membentur komet, meteor atau planet lainnya.

«Bumi tanpa Matahari, Penyebab  kembalinya Dunia ke Zaman Es»

Disunting oleh: Boby Pasaribu

Komentari dgn Facebook

Nyimak Tv Dulu