5 Hal Hewan Kesehatan Tips Wajib Nyimak

Lakukan 5 Langkah Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular Berbisa ini Agar Korban Selamat – infokita.nyimakdulu.com

Spread the love

Buat Sedulur semua mari kita belajar dari pengalaman Mas Hartanto Wijaya, yang kemarin digigit Ular yang sangat berbisa.

Dan saat ini Mas Hartanto Wijaya Sedang opname dan dalam proses pemulihan serta  proses pengobatan, sedangkan Serum penangkal Racun Bisanya tergolong kedalam jenis ular yang Langka di Indonesia dan belum ada serta dalam kasusnya Mas Hartanto Wijaya Serumnya harus didatangkan langsung dari Singapura.

Sebagai Informasi dan Pengalaman buat kita-kita semua, agar hal ini menjadi pelajaran yang baik serta di sampaikan kepada kerabat dan orang-orang yang kita sayangi.

Stay tune ya di Infokita.nyimakdulu.com

Informasi ini di himpun dari komunitas AKJ (Animal Keeper Jogja) semalam di RS.

Ketika kita, saudara kita, maupun tetangga kita ada yg digigit ular apapun jenisnya, baik Bisanya berbahaya maupun tidak, perhatikan beberapa hal ini:

1. Sesegera Mungkin Lepas Gigitan Ular 


Segeralah cabut atau tarik gigitan ular tersebut, karena semakin lama dan semakin dalam gigitannya akan semakin berbahaya bisa ular tersebut masuk.

2. Jangan Mengikat Area Gigitan

Jangan diikat karena jika area gigitan diikat akan mematikan sel-sel, saraf bahkan tulang yang dilokalisir tersebut (karena setiap racun Bisa Ular, punya karakteristik kerja yg berbeda-beda) sehingga kemungkinan Amputasi terhadap area gigitan beresiko lebih tinggi.

3. Jangan Menghisap Bisa Ular Dengan Mulut

Jangan menghisap darah yang terkena gigitan ular, karena darah yang keluar pasti akan bercampur dengan racun Bisa Ular. Ini sangat lebih berbahaya jika tertelan kedalam tubuh bersamaan air liur yang sudah terkontaminasi oleh bisa ular tersebut

4. Topanglah Dengan Kayu


Ketika kaki atau tangan yang terkena gigitan ular/Bisa, Topanglah dengan kayu atau penyangga (yang pada intinya jangan banyak melakukan gerakan yang akan menggunakan otot, meskipun itu hanya melakukan gerakan-gerakan kecil saja) karenan itu bisa mempercepat penyebaran Racun Bisa kemana-mana. Dengan ditopang oleh kayu atau sejenisnya dan tidak bergerak akan membuat Racun Bisa Ular berhenti atau tidak menyebar lagi (lihat Gambar di atas).

5. Segera Hubungi Dokter

Wajib anda lakukan! Setelah empat poin diatas sudah dilakukan segerakan periksakan korban ke Dokter.

Demikian sedikit pelajaran, semoga bermanfaat buat kita semua.

Buat mas Hartanto semoga cepet sembuh ya, bisa kembali bersama kita untuk Jogja Istimewa.

 

Sumber :

Komunitas Animal Keeper Jogja

Info Cegatan Jogja

Disunting Oleh : Boby Pasaribu

Komentari dgn Facebook

Nyimak Tv Dulu